CV / CURICULLUM VITAE / RIWAYAT
HIDUP
Agrivo R Lengkoan
Alamat : Jl. Perumahan TNI,Cipinang Muara Jakarta timur
Handphone : 081290388752
E-mail : youcancallmerivo@yahoo.co.id
DATA PRIBADI
Tempat/Tgl. Lahir : Bitung, 13 Agustus 1990
Jenis kelamin : Pria
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Kristent Protestant
Status : Mahasiswa
Alamat : Jl. Perumahan TNI,Cipinang Muara Jakarta timur
Handphone : 081290388752
E-mail : youcancallmerivo@yahoo.co.id
DATA PRIBADI
Tempat/Tgl. Lahir : Bitung, 13 Agustus 1990
Jenis kelamin : Pria
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Kristent Protestant
Status : Mahasiswa
Agrivo R Lengkoan
Alamat : Jl. Perumahan TNI,Cipinang Muara Jakarta timur
Handphone : 081290388752
E-mail : youcancallmerivo@yahoo.co.id
DATA PRIBADI
Tempat/Tgl. Lahir : Bitung, 13 Agustus 1990
Jenis kelamin : Pria
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Kristent Protestant
Status : Mahasiswa
PENDIDIKAN FORMAL
2010-2013 Masih Sebagai Mahasiswa Aktif di STMT TRISAKTI
Alamat : Jl. Perumahan TNI,Cipinang Muara Jakarta timur
Handphone : 081290388752
E-mail : youcancallmerivo@yahoo.co.id
DATA PRIBADI
Tempat/Tgl. Lahir : Bitung, 13 Agustus 1990
Jenis kelamin : Pria
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Kristent Protestant
Status : Mahasiswa
PENDIDIKAN FORMAL
2010-2013 Masih Sebagai Mahasiswa Aktif di STMT TRISAKTI
2005-2008 SMK Negri 1 Kuala Kencana
Timika Papua
2002-2005 SMP YPPK ST. Bernadus
Timika Papua
1996-2002 SD YPPK Tiga Raja Timika
Papua
HOBBY
Futsal,Music.
Demaikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya
Agrivo R. Lengkoan.
Futsal,Music.
Demaikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya
Agrivo R. Lengkoan.
PENDIDIKAN FORMAL
2010-2013 Masih Sebagai Mahasiswa Aktif di STMT TRISAKTI
2005-2008 SMK Negri 1 Kuala Kencana
Timika Papua
2002-2005 SMP YPPK ST. Bernadus
Timika Papua
1996-2002 SD YPPK Tiga Raja Timika
Papua
HOBBY
Futsal,Music.
Demaikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya
Agrivo R. Lengkoan.
Futsal,Music.
Demaikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya
Agrivo R. Lengkoan.
KAIZEN
Kaizen atau continuous improvement
adalah aktivitas perubahan
yang dilakukansecara terus menerus
untuk meningkatkan apa yang
telah dicapai ke arah yang
lebih baik.
Definisi lain dari kaizen adalah:
•Filsafat, sikap, cara berfikir, dan
cara berperilaku serta berpusat pada kekuatankultur/kebudayaan.
•Suatu kebudayaan yang focus
terhadap perbaikan secara terus-menerus denganmenghilangkan Waste di semua dan
proses, mulai dengan GEMBA (tempat kerja)
• Problem Solving Process.
•Mind set
KAIZEN dibagi menjadi 3 segmen,
tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan,yaitu:
1.KAIZEN yang berorientasi pada
Manajemen, memusatkan perhatiannya padamasalah logistik dan strategis yang
terpenting dan memberikan momentum untuk mengejar kemajuan dan moral.
2.KAIZEN yang berorientasi pada
Kelompok, dilaksanakan oleh gugus kendali mutu,kelompok Jinshu Kansi/manajemen
sukarela menggunakan alat statistik untuk memecahkan masalah, menganalisa,
melaksanakan dan menetapkanstandar/prosedur baru.
3.KAIZEN yang berorientasi pada
Individu, dimanifestasikan dalam bentuk saran,dimana seseorang harus bekerja
lebih pintar bila tidak mau bekerja keras
Siklus Deming (program
solving)
Plan= Aktifitas perencanaan
Do= Melaksanakan sesuai rencana
Check= Kontrol/ periksa hasil
Action= Mengambil tindakan yang
diperlukan
Standarisasi= Mencegah agar tidak
terjadi lagi
Kaizenidentik dengan Siklus Rencana-Kerjakan-Periksa-Tindakan
(Plan, Do, Check, Acts atau
PDCA).
PDCA adalah prinsip dasar untuk
perbaikan secara terus-menerus. Penjabaran dari siklus
PDCA adalah sebagai berikut:
• Planning
berarti memahami apa yang
ingin dicapai, memahami bagaimanamelakukan suatu pekerjaan, berfokus pada
masalah, menemukan akar permasalahan, menciptakan solusi yang
kreatif serta merencanakanimplementasi yang terstruktur.
• Doing
tidak semudah seperti yang dilihat.
Didalamnya berisi pelatihan danmanajemen aktivitas. Biasanya masalah besar dan
mudah sering berubah pada saat-saat terakhir. Bila terjadi kondisi seperti ini
maka tidak dapat dilanjutkan lagitetapi harus mulai dari awal kembali.
•Checking
berarti pengecekan terhadap
hasil dan membandingkan sesuaidengan yang diinginkan. Bila segala sesuatu
menjadi buruk dan hasil baik tidak ditemukan, pada bagian ini keberanian,
kejujuran, kecerdasan sangatdibutuhkan untuk mengendalikan proses. Kata kunci
ketika hasil memburuk adalah "kenapa". Dengan dokumentasi proses
yang baik maka kita dapatkembali pada titik yang mana keputusan yang salah
dibuat.
• Acting berarti
Menindak lanjuti atas apa yang didapatkan selama tahap pengecekan. Arti
lainnya adalah mencapai tujuan dan menstandarisasikan proses atau belajar
dari pengalaman untuk memulai lagi pada kondisi yangtepat.
Kesimpulan Konsep Kaizen
dibagi dalam 3 segmen, yaitu
Pertama, berorientasi padamanajemen.
Manajemen Jepang umumnya percaya bahwa seorang manajer harus menggunakan 50%
waktunya untuk penyempurnaan. Mulai dengan mengidentifikasi“ pemborosan"
maupun "kinerja karyawan
Kedua, berorientasi pada kelompok
" gugus kendali mutu " dan "aktivitas kelompok
kecil " untuk
mengidentifikasi penyebab masalah,menganalisis, melaksanakan, mencoba tindakan
baru, dan menetapkan standar/ prosedur baru.
Ketiga, berorientasi pada individu,
tercermin dalam bentuk keterampilan karyawandalam menyampaikan pemikiran dan
saran, sebagai upaya pengembangan diri karyawan.
uKunci
utama: setiap karyawan dari berbagai tingkatan agar terus menerusmenyempurnakan
keahlian dan mengembangkan bakat yang dimiliki, yang dapatmeningkatkan kepuasan
kerja.
uKepuasan
yang sebenarnya terletak pada proses perbaikan itu sendiri melalui usaha-usaha
yang kreatif. Kompetensi saja tidak cukup. Yang diperlukan adalah
"kemampuan bekerja dalam Tim" secara efektif dengan memanfaatkan
keahlian, kemampuan, dan pengetahuan yang dimiliki guna memperbaiki
kelemahan dalam perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar