Sabtu, 31 Agustus 2013

bahan presentasi SCM Judul "KAIZEN" kelas SP dosen Mr.didiet Hidayat



CV / CURICULLUM VITAE / RIWAYAT HIDUP


Agrivo R Lengkoan
Alamat         : Jl. Perumahan TNI,Cipinang Muara Jakarta timur
Handphone  : 081290388752
E-mail          : youcancallmerivo@yahoo.co.id

DATA PRIBADI
Tempat/Tgl. Lahir  : Bitung, 13 Agustus 1990
Jenis kelamin          : Pria
Kewarganegaraan  :  Indonesia
Agama                    : Kristent Protestant
Status                     :  Mahasiswa
Agrivo R Lengkoan
Alamat         : Jl. Perumahan TNI,Cipinang Muara Jakarta timur
Handphone  : 081290388752
E-mail          : youcancallmerivo@yahoo.co.id

DATA PRIBADI
Tempat/Tgl. Lahir  : Bitung, 13 Agustus 1990
Jenis kelamin          : Pria
Kewarganegaraan  :  Indonesia
Agama                    : Kristent Protestant
Status                     :  Mahasiswa

PENDIDIKAN FORMAL
2010-2013 Masih Sebagai Mahasiswa Aktif di STMT TRISAKTI
2005-2008 SMK Negri 1 Kuala Kencana Timika Papua
2002-2005 SMP YPPK ST. Bernadus Timika Papua
1996-2002 SD YPPK Tiga Raja Timika Papua
HOBBY
Futsal,Music.

Demaikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya
Agrivo R. Lengkoan.

PENDIDIKAN FORMAL
2010-2013 Masih Sebagai Mahasiswa Aktif di STMT TRISAKTI
2005-2008 SMK Negri 1 Kuala Kencana Timika Papua
2002-2005 SMP YPPK ST. Bernadus Timika Papua
1996-2002 SD YPPK Tiga Raja Timika Papua
HOBBY
Futsal,Music.

Demaikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenarnya
Agrivo R. Lengkoan.


 KAIZEN

Kaizen atau continuous improvement adalah aktivitas perubahan
yang dilakukansecara terus menerus untuk meningkatkan apa yang
telah dicapai ke arah yang lebih baik.
Definisi lain dari kaizen adalah:
•Filsafat, sikap, cara berfikir, dan cara berperilaku serta berpusat pada kekuatankultur/kebudayaan.
•Suatu kebudayaan yang focus terhadap perbaikan secara terus-menerus denganmenghilangkan Waste di semua dan proses, mulai dengan GEMBA (tempat kerja)
• Problem Solving Process.
•Mind set


KAIZEN dibagi menjadi 3 segmen, tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan,yaitu:
1.KAIZEN yang berorientasi pada Manajemen, memusatkan perhatiannya padamasalah logistik dan strategis yang terpenting dan memberikan momentum untuk mengejar kemajuan dan moral.
2.KAIZEN yang berorientasi pada Kelompok, dilaksanakan oleh gugus kendali mutu,kelompok Jinshu Kansi/manajemen sukarela menggunakan alat statistik untuk memecahkan masalah, menganalisa, melaksanakan dan menetapkanstandar/prosedur baru.
3.KAIZEN yang berorientasi pada Individu, dimanifestasikan dalam bentuk saran,dimana seseorang harus bekerja lebih pintar bila tidak mau bekerja keras


 Siklus Deming (program solving)
Plan= Aktifitas perencanaan

Do= Melaksanakan sesuai rencana
Check= Kontrol/ periksa hasil
Action= Mengambil tindakan yang diperlukan
Standarisasi= Mencegah agar tidak terjadi lagi


Kaizenidentik dengan Siklus Rencana-Kerjakan-Periksa-Tindakan
(Plan, Do, Check, Acts atau PDCA).
PDCA adalah prinsip dasar untuk perbaikan secara terus-menerus. Penjabaran dari siklus
PDCA adalah sebagai berikut:
• Planning 
 berarti memahami apa yang ingin dicapai, memahami bagaimanamelakukan suatu pekerjaan, berfokus pada masalah, menemukan akar  permasalahan, menciptakan solusi yang kreatif serta merencanakanimplementasi yang terstruktur.
• Doing 
tidak semudah seperti yang dilihat. Didalamnya berisi pelatihan danmanajemen aktivitas. Biasanya masalah besar dan mudah sering berubah pada saat-saat terakhir. Bila terjadi kondisi seperti ini maka tidak dapat dilanjutkan lagitetapi harus mulai dari awal kembali.
•Checking 
 berarti pengecekan terhadap hasil dan membandingkan sesuaidengan yang diinginkan. Bila segala sesuatu menjadi buruk dan hasil baik tidak ditemukan, pada bagian ini keberanian, kejujuran, kecerdasan sangatdibutuhkan untuk mengendalikan proses. Kata kunci ketika hasil memburuk adalah "kenapa". Dengan dokumentasi proses yang baik maka kita dapatkembali pada titik yang mana keputusan yang salah dibuat.
• Acting  berarti Menindak lanjuti atas apa yang didapatkan selama tahap pengecekan. Arti lainnya adalah mencapai tujuan dan menstandarisasikan proses atau belajar dari pengalaman untuk memulai lagi pada kondisi yangtepat.



 Kesimpulan Konsep Kaizen dibagi dalam 3 segmen, yaitu
Pertama, berorientasi padamanajemen. Manajemen Jepang umumnya percaya bahwa seorang manajer harus menggunakan 50% waktunya untuk penyempurnaan. Mulai dengan mengidentifikasi“ pemborosan" maupun "kinerja karyawan
Kedua, berorientasi pada kelompok " gugus kendali mutu " dan "aktivitas kelompok
kecil " untuk mengidentifikasi penyebab masalah,menganalisis, melaksanakan, mencoba tindakan baru, dan menetapkan standar/ prosedur  baru.
Ketiga, berorientasi pada individu, tercermin dalam bentuk keterampilan karyawandalam menyampaikan pemikiran dan saran, sebagai upaya pengembangan diri karyawan.
uKunci utama: setiap karyawan dari berbagai tingkatan agar terus menerusmenyempurnakan keahlian dan mengembangkan bakat yang dimiliki, yang dapatmeningkatkan kepuasan kerja.
uKepuasan yang sebenarnya terletak pada proses perbaikan itu sendiri melalui usaha-usaha yang kreatif. Kompetensi saja tidak cukup. Yang diperlukan adalah "kemampuan bekerja dalam Tim" secara efektif dengan memanfaatkan keahlian, kemampuan, dan pengetahuan yang dimiliki guna memperbaiki kelemahan dalam perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar